Penjelasan Tentang Session Initiation Protocol Pada Aplikasi Layer Internet

Berikut adalah info seputar dengan Penjelasan Tentang Session Initiation Protocol Pada Aplikasi Layer Internet dan sebelumnya juga sudah dishare dengan Inject Telkomsel 2015 ok bagi anda yang mungkin membutuhkan tentang pemahanan SIP Pada Jaringan Internet berikut adalah penjelasan lengkapnya silahkan:



Pembukaan Tentang Session Initiation Protocol


Session Initiation Protocol

Cara Apa Saja - Session Initiation Protocol (SIP) adalah protokol komunikasi untuk sinyal dan mengendalikan multimedia sesi komunikasi. Aplikasi yang paling umum dari SIP dalam telepon Internet untuk panggilan suara dan video, serta pesan instan di seluruh Internet Protocol jaringan (IP).

Cara Apa Saja - Protokol mendefinisikan pesan yang dikirim antara endpoint, yang mengatur pembentukan, pemberhentian dan elemen penting lainnya dari panggilan. SIP dapat digunakan untuk membuat, mengubah dan mengakhiri sesi yang terdiri dari satu atau beberapa media stream. SIP adalah lapisan aplikasi protokol dirancang untuk menjadi independen dari yang mendasari lapisan transport. Ini adalah protokol berbasis teks, menggabungkan banyak elemen dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP).

Cara Apa Saja - SIP bekerja sama dengan beberapa protokol lapisan aplikasi lain yang mengidentifikasi dan membawa media sesi. Identifikasi dan negosiasi Media dicapai dengan Session Description Protocol (SDP). Untuk transmisi media stream (voice, video) SIP biasanya mempekerjakan Real-time Transport Protocol (RTP) atau Aman Real-time Transport Protocol (SRTP). Untuk transmisi aman dari pesan SIP, protokol dapat dienkripsi dengan Transport Layer Security (TLS).


Sejarah Singkat Tentang Session Initiation Protocol


Cara Apa Saja - SIP pada awalnya dirancang oleh Mark Handley, Henning Schulzrinne, Eve Schooler dan Jonathan Rosenberg pada tahun 1996. Protokol ini distandarisasi sebagai RFC 2543 pada tahun 1999 (SIP 1.0). Pada November 2000, SIP diterima sebagai 3GPP protokol signaling dan elemen permanen IP Multimedia Subsystem (IMS) arsitektur untuk layanan streaming multimedia berbasis IP di sistem selular. Pada 2014 versi terbaru (SIP 2.0) dari spesifikasi tersebut RFC 3261, yang diterbitkan pada bulan Juni 2002, dengan ekstensi dan klarifikasi sejak saat itu.

Cara Apa Saja - AS Institut Nasional Standar dan Teknologi (NIST), Advanced Networking Technologies Divisi menyediakan public-domain Jawa implementasi yang berfungsi sebagai implementasi referensi untuk standar. Pelaksanaannya dapat bekerja di server proxy atau agen pengguna skenario dan telah digunakan dalam berbagai proyek-proyek komersial dan penelitian. Mendukung RFC 3261 secara penuh dan sejumlah RFC ekstensi termasuk RFC 6665 (pemberitahuan acara) dan RFC 3262 (tanggapan sementara terpercaya).

Cara Apa Saja - Meskipun awalnya dikembangkan berdasarkan aplikasi suara, protokol dibayangkan dan mendukung beragam aplikasi, termasuk video conferencing, streaming distribusi multimedia, pesan instan, informasi keberadaan, transfer file, fax over IP dan game online.

Protokol Operasi Session Initiation Protocol

Session Initiation Protocol


Cara Apa Saja - SIP adalah independen dari protokol transport yang mendasarinya. Ini berjalan pada Transmission Control Protocol (TCP), yang User Datagram Protocol (UDP) atau Streaming Transmission Control Protocol (SCTP). SIP dapat digunakan untuk dua pihak (unicast multipartai () atau multicast) sesi.

Cara Apa Saja - SIP menggunakan elemen desain mirip dengan model transaksi permintaan HTTP / respon. Setiap transaksi terdiri dari permintaan klien yang memanggil metode tertentu atau fungsi pada server dan setidaknya satu respon. SIP menggunakan kembali sebagian besar field header, aturan encoding dan kode status HTTP, menyediakan format berbasis teks yang dapat dibaca.

Cara Apa Saja - Setiap sumber daya dari jaringan SIP, seperti user agent atau kotak pesan suara, diidentifikasi oleh uniform resource identifier (URI), berdasarkan sintaks standar umum juga digunakan dalam layanan Web dan e-mail. Skema URI digunakan untuk SIP adalah sip dan SIP URI khas adalah bentuk sip: username: password @ host: port.

Cara Apa Saja - Jika transmisi aman diperlukan, skema menyesap digunakan dan mandat bahwa setiap hop di mana permintaan tersebut diteruskan ke target domain harus dijamin dengan Transport Layer Security (TLS). Hop terakhir dari proxy dari target domain untuk agen pengguna harus dijamin sesuai dengan kebijakan lokal. TLS melindungi terhadap penyerang yang mencoba untuk mendengarkan pada link sinyal tetapi tidak menyediakan real keamanan end-to-end untuk mencegah spionase dan penegakan hukum intersepsi, seperti enkripsi hanya hop-by-hop dan setiap proxy menengah tunggal harus dipercaya.

Cara Apa Saja - SIP bekerja dalam konser dengan beberapa protokol lain dan hanya terlibat dalam bagian sinyal dari sesi komunikasi. SIP klien biasanya menggunakan TCP atau UDP pada nomor port 5060 atau 5061 untuk menyambung ke server SIP dan endpoint SIP lainnya. Port 5060 biasanya digunakan untuk non-dienkripsi lalu lintas sedangkan pelabuhan 5061 sinyal biasanya digunakan untuk lalu lintas dienkripsi dengan Transport Layer Security (TLS). SIP terutama digunakan dalam mendirikan dan menghancurkan panggilan suara atau video. Hal ini juga memungkinkan modifikasi panggilan yang ada. Modifikasi dapat melibatkan perubahan alamat atau port, mengundang lebih banyak peserta, dan menambahkan atau menghapus media stream. SIP juga menemukan aplikasi dalam aplikasi messaging, seperti instant messaging, dan berlangganan acara dan pemberitahuan. Sebuah suite SIP terkait Internet Engineering Task Force (IETF) aturan menentukan perilaku untuk aplikasi tersebut. Suara dan video komunikasi streaming di aplikasi SIP dilakukan melalui protokol aplikasi lain, yang Real-time Transport Protocol (RTP). Parameter (nomor port, protokol, codec) untuk ini media stream didefinisikan dan dinegosiasikan menggunakan Session Description Protocol (SDP), yang diangkut dalam tubuh paket SIP.

Cara Apa Saja - Tujuan memotivasi untuk SIP adalah untuk menyediakan setup protokol signaling dan panggilan untuk komunikasi berbasis IP yang dapat mendukung superset dari fungsi pemrosesan panggilan dan fitur hadir dalam masyarakat beralih jaringan telepon (PSTN). SIP dengan sendirinya tidak mendefinisikan fitur ini; bukan, fokusnya adalah panggilan-setup dan sinyal. Fitur yang memungkinkan operasi telepon-seperti akrab (yaitu pemanggilan nomor, menyebabkan telepon berdering, mendengar nada ringback atau sinyal sibuk) yang dilakukan oleh proxy server dan agen pengguna. Pelaksanaan dan terminologi yang berbeda di dunia SIP tapi ke pengguna akhir, perilaku serupa.

Cara Apa Saja - Jaringan telepon SIP-enabled juga dapat menerapkan banyak fitur pemrosesan panggilan lebih maju hadir dalam Signaling System 7 (SS7), meskipun dua protokol sendiri sangat berbeda. SS7 adalah protokol terpusat, ditandai dengan arsitektur jaringan pusat kompleks dan titik akhir bodoh (handset telepon tradisional). SIP adalah client-server protokol, namun sebagian besar perangkat SIP-enabled dapat melakukan kedua klien dan peran server. Secara umum, sesi inisiator adalah klien, dan penerima panggilan melakukan fungsi server. Fitur SIP diimplementasikan di titik akhir berkomunikasi, bertentangan dengan fitur SS7 tradisional, yang diimplementasikan dalam jaringan.

Cara Apa Saja - SIP dibedakan oleh para pendukung untuk memiliki akar di masyarakat IP bukan di industri telekomunikasi. SIP telah dibakukan dan diatur terutama oleh IETF, sedangkan protokol lainnya, seperti H.323, secara tradisional dikaitkan dengan International Telecommunication Union (ITU).


Elemen Jaringan Pada Session Initiation Protocol

Session Initiation Protocol


Cara Apa Saja - SIP mendefinisikan user-agen serta beberapa jenis elemen jaringan server yang. Dua endpoint SIP dapat berkomunikasi tanpa infrastruktur SIP intervensi. Namun, pendekatan ini sering tidak praktis untuk pelayanan publik, yang membutuhkan layanan direktori untuk menemukan node yang tersedia di jaringan.

Elemen Jaringan Agen Pengguna


Cara Apa Saja - Seorang agen SIP user (UA) adalah jaringan logis end-point yang digunakan untuk membuat atau menerima pesan SIP dan dengan demikian mengelola sesi SIP. Sebuah SIP UA dapat melakukan peran klien user agent (UAC), yang mengirimkan permintaan SIP, dan server user agent (UAS), yang menerima permintaan dan mengembalikan respon SIP. Peran ini dari UAC dan UAS hanya berlangsung selama transaksi SIP.

Cara Apa Saja - Telepon SIP adalah telepon IP yang mengimplementasikan agent SIP pengguna dan server fungsi, yang menyediakan fungsi panggilan tradisional telepon, seperti dial, jawaban, menolak, tahan / unhold, dan panggilan transfer. ponsel SIP dapat diimplementasikan sebagai perangkat keras atau sebagai softphone. Sebagai vendor semakin menerapkan SIP sebagai platform telepon standar, sering didorong oleh 4G upaya, perbedaan antara ponsel SIP berbasis hardware dan perangkat lunak berbasis sedang kabur dan elemen SIP diimplementasikan dalam fungsi firmware dasar banyak perangkat IP-capable. Contohnya adalah perangkat dari Nokia dan BlackBerry.

Cara Apa Saja - Dalam SIP, seperti dalam HTTP, agen pengguna dapat mengidentifikasi sendiri menggunakan field header pesan User-Agent, yang berisi deskripsi teks dari perangkat lunak / perangkat keras / produk yang terlibat. Pengguna bidang agen dikirim dalam pesan permintaan, yang berarti bahwa server SIP menerima dapat melihat informasi ini. Elemen jaringan SIP terkadang menyimpan informasi ini,  dan dapat berguna dalam mendiagnosis masalah kompatibilitas SIP.

Elemen Jaringan Server Proxy


Cara Apa Saja - Proxy server adalah entitas perantara yang bertindak baik sebagai server dan klien untuk tujuan membuat permintaan atas nama klien lainnya. Sebuah server proxy terutama memainkan peran routing, yang berarti bahwa tugasnya adalah untuk memastikan bahwa permintaan dikirim ke entitas lain lebih dekat ke pengguna yang ditargetkan. Proxy juga berguna untuk menegakkan kebijakan, seperti untuk menentukan apakah pengguna diperbolehkan untuk membuat panggilan. Sebuah proxy menafsirkan, dan, jika perlu, menulis ulang bagian-bagian tertentu dari pesan permintaan sebelum meneruskan itu.

Elemen Jaringan Panitera

Session Initiation Protocol


Cara Apa Saja - Registrar A adalah titik akhir SIP yang menerima permintaan REGISTER dan menempatkan informasi yang diterimanya pada mereka permintaan ke layanan lokasi untuk domain menangani. Layanan lokasi menghubungkan satu atau lebih alamat IP ke SIP URI dari agen mendaftar. URI menggunakan sip yang: skema, meskipun skema protokol lain yang mungkin, seperti tel:. Lebih dari satu agen pengguna dapat mendaftar di URI yang sama, dengan hasil bahwa semua agen pengguna terdaftar menerima panggilan ke URI.
Pendaftar SIP adalah elemen logis, dan biasanya co-terletak dengan proxy SIP. Tetapi juga mungkin dan sering baik untuk skalabilitas jaringan untuk menempatkan layanan lokasi ini dengan server redirect.

Elemen Jaringan Redirect Server

Session Initiation Protocol


Cara Apa Saja - Sebuah server user agent yang menghasilkan 3xx (Redirection) tanggapan terhadap permintaan yang diterimanya, mengarahkan klien untuk menghubungi sebuah alternatif set URI. Server redirect memungkinkan server proxy untuk mengarahkan undangan sesi SIP ke domain eksternal.

Elemen Jaringan Perbatasan Sesi Kontrol

Session Initiation Protocol


Cara Apa Saja - Pengendali perbatasan sesi berfungsi sebagai kotak tengah antara UA dan SIP server untuk berbagai jenis fungsi, termasuk topologi jaringan bersembunyi, dan bantuan dalam traversal NAT

Elemen Jaringan Gateway


Cara Apa Saja - Gateway dapat digunakan untuk antarmuka jaringan SIP ke jaringan lain, seperti jaringan telepon umum diaktifkan, yang menggunakan protokol atau teknologi yang berbeda.



Pesan Umum Pada Session Initiation Protocol


Cara Apa Saja - SIP adalah protokol berbasis teks dengan sintaks mirip dengan HTTP. Ada dua jenis pesan SIP: permintaan dan tanggapan. Baris pertama permintaan memiliki metode, mendefinisikan sifat permintaan, dan Permintaan-URI, menunjukkan di mana permintaan harus dikirim. baris pertama dari respon memiliki kode respon.

Perimtaan SIP


REGISTER: Digunakan oleh UA untuk mendaftar ke registrar.
INVITE: Digunakan untuk membuat sesi media antara agen pengguna.
ACK: Konfirmasi pertukaran pesan yang dapat diandalkan.
CANCEL: Menghentikan permintaan tertunda.
BYE: Menghentikan sesi yang ada.
OPTIONS: Permintaan informasi tentang kemampuan pemanggil tanpa perlu mengatur sesi. Sering digunakan sebagai pesan keepalive.
REFER: menunjukkan bahwa penerima (diidentifikasi oleh Request-URI) harus menghubungi pihak ketiga menggunakan informasi kontak yang disediakan dalam permintaan. (transfer panggilan)
PRACK: (Provisional Response Acknowledgement): Prack meningkatkan kehandalan jaringan dengan menambahkan sistem pengakuan terhadap tanggapan sementara (1xx). Prack dikirim dalam menanggapi respon sementara (1xx).

Tanggapan SIP


Provisional (1xx): Permintaan diterima dan sedang diproses.
Success (2xx): Aksi ini berhasil diterima, dipahami, dan diterima.
Redirection (3xx): Tindakan selanjutnya harus diambil (biasanya oleh pengirim) untuk menyelesaikan permintaan.
Client Error (4xx): Permintaan berisi sintaks yang buruk atau tidak dapat dipenuhi di server.
Server Error (5xx): Server gagal untuk memenuhi permintaan tampaknya berlaku.
Global Failure (6xx): Permintaan tidak dapat dipenuhi di server apapun.


Aplikasi Pengujian Session Initiation Protocol

Session Initiation Protocol


Cara Apa Saja - Sambungan SIP adalah istilah pemasaran untuk voice over Internet Protocol layanan yang ditawarkan oleh banyak (VoIP) penyedia layanan Internet teleponi (ITSPs). Layanan ini menyediakan routing panggilan telepon dari klien private branch exchange (PBX) sistem telepon ke jaringan telepon umum diaktifkan (PSTN). Layanan tersebut dapat menyederhanakan infrastruktur sistem informasi perusahaan dengan berbagi akses Internet untuk suara dan data, dan menghapus biaya untuk Basic Rate Interface (BRI) atau Primary Rate Interface (PRI) sirkuit telepon.

Cara Apa Saja - Banyak VoIP perusahaan telepon memungkinkan pelanggan untuk menggunakan perangkat SIP mereka sendiri, seperti set telepon SIP-mampu, atau softphones.

Cara Apa Saja - Kamera video surveillance SIP-enabled dapat membuat panggilan untuk mengingatkan pemilik atau operator bahwa suatu peristiwa telah terjadi; misalnya, untuk memberitahu gerak yang telah terdeteksi out-of-jam di kawasan lindung.
SIP digunakan dalam audio melalui IP untuk penyiaran aplikasi di mana ia menyediakan sarana interoperable untuk antarmuka audio dari produsen yang berbeda untuk membuat koneksi dengan satu sama lain.

Sumber: Wikipedia

Dan hanya itu dulu informasi seputar dengan Penjelasan Tentang Session Initiation Protocol Pada Aplikasi Layer Internet Terbaru 2015 dan terima kasih.

Baca Juga: Cara Cek Harga Paket Internet Telkomsel 2015